Senin, 13 Agustus 2012

Sistem Operasi Android


Blog Novita Poenya.............


Sistem Operasi Android


A. Pengertian Sistem Operasi

Menurut Wikipedia bahasa indonesia Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.
Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi.

B.     Pengertian Sistem Operasi Android

Android adalah software untuk perangkat mobile yang mencakup sistem operasi, middleware dan aplikasi kunci. Pengembangan aplikasi pada platform Android menggunakan bahasa pemrograman Java serangkaian aplikasi inti Android antara lain klien email, program SMS, kalender, peta, browser, kontak, damn lain-lain. Dengan menyediakan sebuah platform pengembangan yang terbuka, pengembang Android menawarkan kemampuan untuk membangun aplikasi yang sangat kaya dan inovatif. Pengembang bebas untuk mengambil keuntungan dari
perangkat keras, akses informasi lokasi, menjalankan background services, mengatur alarm, tambahkan pemberitahuan ke status bar, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Android bergantung pada versi Linux 2.6 untuk layanan sistem inti seperti keamanan, manajemen memori, manajemen proses, network stack, dan model driver. Kernel juga bertindak sebagai lapisan abstraksi antara hardware dan seluruh software stack.
Sistem Operasi Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.
Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.
Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).
Di antara sekian banyak pilihan sistem operasi (OS) untuk perangkat mobile, Android menjadi OS yang paling cepat berkembang. Android sekarang memang menitikberatkan ke pasar tablet, perangkat yang satu ini memang memberikan kemudahan dan nilai lebih bagi penggunanya. Seluruh vendor telekomunikasi berlomba-lomba menciptakan beragam tablet dan kecanggihan teknologinya.
C.    Sejarah Perkembangan Sistem Operasi android
C.1.  Kerjasama Dengan Android Inc.
Pada Juli 2005, google mengakuisisi  Android Inc, sebuah perusahaan startup yang berbasis di Palo Alto, California, Amerika serikat. Pada waktu itu, hanya sedikit yang diketahui tentang fungsi Android, Inc. Lain dari itu mereka membuat perangkat lunak untuk ponsel. Hal ini dimulai desas-desus bahwa Google berencana untuk memasuki pasar telepon seluler, meskipun tidak jelas apa fungsi itu mungkin tampil di pasar itu. Di Google, tim yang dipimpin oleh Rubin mengembangkan platform perangkat mobile didukung oleh kernel Linux  yang mereka dipasarkan ke produusen handset  dan operator pada premis memberikan yang fleksibel, sistem upgradeable.
Hal ini melaporkan bahwa Google telah berbasis serangkaian komponen perangkat keras dan perangkat lunak dan memberi isyarat untuk mitra operator itu terbuka untuk berbagai tingkat kerjasama pada pihak mereka. Lebih spekulasi bahwa Google akan memasuki pasar telepon selular datang pada bulan Desember 2006.
C.2.  2007-2008 Produk Awal
Sekitar September 2007 sebuah studi melaporkan bahwa Google mengajukan hak paten aplikasi telepon seluler (akhirnya Google mengenalkan Nexus One, salah satu jenis telepon pintar GSM yang menggunakan Android pada sistem operasinya. Telepon seluler ini diproduksi oleh HTC Corporation dan tersedia di pasaran pada 5 Januari 2010).
Pada 9 Desember 2008, diumumkan anggota baru yang bergabung dalam program kerja Android ARM Holdings, Atheros Communications, diproduksi oleh Asustek Computer Inc, Garmin Ltd, Softbank, Sony Ericsson, Toshiba Corp, dan Vodafone Group Plc. Seiring pembentukan Open Handset Alliance, OHA mengumumkan produk perdana mereka, Android, perangkat bergerak


(mobile) yang merupakan modifikasi kernel Linux 2.6. Sejak Android dirilis telah dilakukan berbagai pembaruan berupa perbaikan bug dan penambahan fitur baru.
Telepon pertama yang memakai sistem operasi Android adalah HTC Dream, yang dirilis pada 22 Oktober 2008. Pada penghujung tahun 2009 diperkirakan di dunia ini paling sedikit terdapat 18 jenis telepon seluler yang menggunakan Android.
C.3.  Android Versi 1.1
Awal rilis OS Android, Google merilis android versi 1.1 pada 9 Februari 2009, Android menambahkan beberapa fitur yaitu Gmail, Voice search dan pemberitahuan email dan melakukan beberapa pembaharuan pada jam alarm dan aplikasi.
C.4.  Android Versi 1.5 (Cupcake)
Pada tanggal 30 April 2009 resmi 1.5 (Cupcake) update untuk Android dirilis. Ada beberapa fitur baru dan update yaitu :
-  Kemampuan untuk merekam dan menonton video dengan modus kamera.
-          Meng-upload video ke YouTube dan gambar Picasa langsung dari telepon.
-          Lembut baru keyboard dengan sebuah “Autocomplete” fitur.
-  Kemampuan untuk secara otomatis terhubung ke headset Bluetooth dalam  jarak tertentu.
-          Widget baru dan folder yang dapat  mengisi desktop.
-          Animasi antara layar.
-          Kemampuan diperluas “Copy and Paste” untuk memasukkan halaman web.

C.5.  Android Versi 1.6 (Donut)
Pada 15 September 2009, Versi 1.6 (Donut) dirilis. Termasuk dalam update adalah:
-          Android pasar peningkatan pengalaman.
-          Kamera terintegrasi dan galeri antarmuka.
-  Galeri sekarang memungkinkan pengguna untuk memilih beberapa foto untuk dihapus.
-  Diperbarui suara Cari dengan tanggapan yang lebih cepat, termasuk kemampuan untuk dial kontak.
-  Diperbarui pengalaman pencarian untuk memungkinkan mencari bookmark, sejarah, kontak, dan web dari layar awal.
-  Kecepatan perbaikan untuk mencari kamera.
C.6.  Android Versi 2.0 / 2.1 (Eclair)
Pada 26 Oktober 2009, Versi Eclair ini dirilis dengan based kernel 2.6.29. Beberapa fitur terbarunya, antara lain:
-          Kecepatan hardware diperbaiki.
-          Aplikasi baru “Car Home”.
-          Dukungan resolusi dan ukuran layar dikembangkan.
-          Daftar koontak baru.
-          Rasio hitam-putih untuk background lebih baik.
-          Google Maps 3.1.2.
-          Dukungan lampu flash untuk kamera.
-          Digital zoom

-          Virtual keyboard diperbaiki.
-          Bluetooth 2.1.
C.7.  Android Versi 2.2 (Froyo : Frozen Yoghurt)
Dirilis pada 20 Mei 2010 dengan based kernel 2.6.32. Beberapa fiturnya, antara lain :
-          Optimisasi kecepatan Android OS, memory dan performance.
-          Aplikasi tambahan (Penambahan kecepatan dari JIT Implementation).
-          Integrasi JavaScript Chrome V8 untuk aplikasi Browser.
-          Microsoft Exchange support.
-  Application launcher yang ditingkatkan dengan shortcut ke phone dan aplikasi Browser.     
-          USB tethering dan WiFi hotspot functionality.
-          Aplikasi Market yang diperbarui dengan batch dan fitur automatic update.
-          Mendukung password numerik dan alphanumeric.
-          Mendukung pengunggahan file pada aplikasi browser.
-          Mendukung Penginstalan aplikasi pada memory yang dapat  ditambah.
-          Adobe Flash 10.1
C.8.  Android versi 2.3 (Gingerbread)
Android 2.3 merupakan versi sistem operasi Android yang baru saja diumumkan resmi oleh Google dengan kode nama Gingerbread yang diluncurkan bebarengan dengan Google Nexus S si Smartphone Android yang keren  dengan layar 4 inci. Fitur-fitur yang  diperbaiki, antara lain :
-          Peningkatan dan perbaikan User Interface.
-          Input Teks lebih cepat dan Intuitif.
-          Seleksi kata dan teks dengan satu sentuhan serta copy/paste.
-          Manajemen energi lebih baik.
-          Fitur Komunikasi dan Organizing lebih baik.
Android Honeycomb dirancang khusus untuk tablet. Android versi ini mendukung ukuran layar yang lebih besar. User Interface pada Honeycomb juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet. Honeycomb juga mendukung multi prosesor dan juga akselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis. Tablet pertama yang dibuat dengan menjalankan Honeycomb adalah Motorola Xoom. Perangkat tablet dengan platform Android 3.0 akan segera hadir di Indonesia. Perangkat tersebut bernama Eee Pad Transformer produksi dari Asus. Rencana masuk pasar Indonesia pada Mei 2011.
C.10. Android versi 4.0 (ICS :Ice Cream Sandwich)
Diumumkan pada tanggal 19 Oktober 2011, membawa fitur Honeycomb untuk smartphone dan menambahkan fitur baru termasuk membuka kunci dengan pengenalan wajah, jaringan data pemantauan penggunaan dan kontrol, terpadu kontak jaringan sosial, perangkat tambahan fotografi, mencari email secara offline, dan berbagi informasi dengan menggunakan NFC.

D.    Fitur Dalam OS Android

Fitur yang tersedia di Android, antara lain adalah :
-  Kerangka aplikasi: itu memungkinkan penggunaan dan penghapusan komponen yang tersedia.
-  Dalvik mesin virtual: mesin virtual dioptimalkan untuk perangkat mobile.
-  Grafik: grafik di 2D dan grafis 3D berdasarkan pustaka OpenGL.
-  SQLite: untuk penyimpanan data.
-  Mendukung media: audio, video, dan berbagai format gambar (MPEG4, H.264, MP3,AAC, AMR, JPG, PNG, GIF).
-  GSM, Bluetooth, EDGE, 3G, dan WiFi (hardware dependent).
-  Kamera, Global Positioning System (GPS), kompas, dan accelerometer (tergantung hardware).

E.   Kelebihan Dan Kekurangan OS Android

Dalam setiap hal pasti ada suatu kelebihan dan kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan mobile OS Android.
E.1.  Kelebihan dari OS Android antara lain adalah :

-   Multitasking –Ponsel Android bisa menjalankan berbagai macam aplikasi, itu artinya Anda bisa browsing, Facebookan sambil dengerin lagu.

-   Kemudahan dalam Notifikasi – Setiap ada SMS, Email, atau bahkan artikel terbaru dari RSS Reader, akan selalu ada notifikasi di Home Screen Ponsel Android, tidak ketinggalan pula Lampu LED Indikator yang berkedip-kedip, sehingga Anda tidak akan terlewatkan satu SMS, Email ataupun Misscall sekalipun.
-   Akses Mudah terhadap Ribuan Aplikasi Android lewat Google Android App Market – Kalau Anda hobi install aplikasi ataupun games, lewat Google Android App Market, Anda bisa mendownload berbagai aplikasi dengan gratis. Ada banyak ribuan aplikasi dan games yang bisa Anda download di ponsel Android.
-   Pilihan Ponsel yang beranekaragam – Bicara ponsel Android,tentu akan teras abeda dibandingkan denagn iOS.
-   Widget - dengan adanya Widget di homescreen, Anda bisa dengan mudah mengakses berbagai setting dengan cepat dan mudah.
E.2.  Kekurangan dari OS Android antara lain adalah :
- Koneksi Internet yang terus menerus kebanyakan ponsel Android memerlukan koneksi internet yang simultan alias terus menerus aktif. Artinya Anda harus siap berlangganan paket GPRS yang sesuai dengan kebutuhan.
- Iklan Aplikasi di Ponsel Android memang bisa didapatkan dengan mudah dan gratis, namun Anda harus terima konsekuensinya dari setiap Aplikasi tersebut, akan selalu ada Iklan yang terpampang, entah itu bagian atas atau bawah aplikasi.



"Good Luck"     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar